Tuesday 10 August 2010

Popok Kain vs Popok Sekali Pakai

Popok kain ramah lingkungan

Popok kain dapat dicuci dan dipakai berulang-ulang. Tahukah mommy bahwa ketika batita sudah tidak menggunakan popok sekali pakai lagi, sudah terbuang kira-kira 3.000 – 5.000 popok sekali pakai. Bayangkan saja jika semua bayi mengenakan popok sekali pakai, berapa banyak popok sekali pakai yang terbuang dan sulit terurai. Feses/pup bayi yang tertinggal di dalam popok sekali pakai pun akan mencemari lingkungan sekitar.

Oh iya, tahukah mommy ketika si kecil sudah tidak mengenakan popok sekali pakai lagi, sudah terbuang kira-kira 3.000 – 5.000 popok sekali pakai jika penggunaannya secara terus menerus selama 24 jam. Bayangkan saja jika semua bayi mengenakan popok sekali pakai, berapa banyak popok sekali pakai yang terbuang dan sulit terurai. Feses / pup bayi yang tertinggal di dalam popok sekali pakai pun akan mencemari lingkungan sekitar. Dengan menggunakan cloth diaper, mommy pun turut berpartisipasi untuk mencegah terjadinya pemanasan global di lingkungan sekitar kita. Go Green!

Popok kain aman bagi bayi

Popok kain atau cloth diaper menggunakan 100% kain dengan bahan alami, dan tidak mengandung gel atau dioxin sebagai zat pemutih yang merupakan bahan kimia berbahaya. Kulit si kecil pun tidak bersentuhan langsung dengan material berbahan plastik, sehingga tidak akan menyebabkan iritasi atau ruam pada kulit.

Popok kain lebih ekonomis

Mari kita berhitung…. Misalkan saja si kecil memakai popok sekali pakai hingga usia batita. Rata-rata harga popok sekali pakai adalah Rp 2.000/buah. Jika mommy menggunakan 3.000 popok sekali pakai dalam kurun waktu 3 tahun, total biaya yang mommy keluarkan adalah sebesar 3.000 x Rp 2.000 = Rp 6.000.000 untuk satu anak. Jika mommy menggunakan cloth diaper secara terus menerus 24 jam, dibutuhkan sekitar 2-3 lusin cloth diaper dengan biaya kurang lebih Rp 57.500/set. Total biaya yang dikeluarkan sebesar 36 x Rp 57.500 = Rp 2.070.000. Mommy bisa menghemat hampir 65%!!, dan masih bisa disimpan untuk dipakai lagi ketika adiknya lahir nanti =)

No comments:

Post a Comment